Selasa, 09 Oktober 2012

Persamaan Antropologi dan Sosiologi

Persamaan Antropologi dan Sosiologi
oleh ;
Dede Yusuf 
(prasko.com)
Bila dilihat sekilas, antara ilmu antropologi dengan sosiologi tidak ada perbedaan sama sekali. Antropologi sosial atau budaya mengkaji tentang masyarakat dan kebudayaan yang bertujuan untuk mencapai pengertian asa-asas kehidupan masyarakat dan kebudayaan pada umumnya, dan ini pun merupakan suatau kajian dari sosiologi. Dengan demikian kajian kedua ilmu tersebut sama yaitu objeknya adalah masyarakat.
Baik Antropologi dan Sosiologi adalah dua ilmu yang masing-masing dapat diterapkan pada masa lalu ataupun masa kini. Keduanya juga mempelajari sama-sama mempelajari tentang masyarakat. Pada kedua ilmu itu juga sekarang banyak dilakukan metode penelitian lain yang pada hakikatnya mempunyai tujuan yang sama. Metode-metode yang digunakan antropologi budaya atau social dan sosiologi dengan demikian dapat saling mengisi dalam melaksanakan proyek-proyek penelitian masyarakat yang sama.
Objek studi sosiologi adalah masyarakat dengan fokus hubungan antar manusia dan proses sebab akibat yang timbul dari hubungan antar manusia tersebut.  Objek studi Antropologi meliputi pengkajian tentang antropologi budaya yang mempelajari sejarah kebudayaan manusia di masa purbakala, perkembangan bahasa, serta perilaku dan kebudayaan berbagai masyarakat si dunia, dan antropologi fisik yang mempelajari evolusi, ras, serta perkembangan perilaku makhluk primata yang mencakup manusia.  

Daftar Pustaka
Koentjaraningrat. (2009). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar